Minggu, 14 September 2008

KnowLedge Management, pentingkah??

Knowledge: informasi-informasi yang diperoleh berdasarkan experience, interpretasi, refleksi dan konstektual.Knowledge Management: proses dalam suatu organisasi yang digenerasikan berdasarkan asset pengetahuan dan intelektualitas. Tujuan mengimplementasikan KM adalah untuk meningkatkan dan memperbaiki operasional perusahaan dalam mencari keuntungan kompetitif;untuk memperbaiki komunikasi diantara manajemen puncak dan pekerja; untuk mempertahankan proses kerja, menanamkan budaya berbagai pengetahuan; danmengimplementasikan sistem penghargaan berbasis kinerja.Bharti Airtel adalah salah satu perusahaan swasta India yang menerapkan KM dalam bisnisnya. Bharti Airtel merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri telekomunikasi yang juga merupakan perusahaan terbesar dalam perindustrian telekomunikasi. Didirikan sejak 1995, dengan rekan aliansinya yaitu SiingTel. Manfaat yang diperoleh Bharti Airtel karena menerapkan KM adalah menjadi semakin menonjol dalam hal organizational learning (pembelajaran organisasi) dan mengelola kemampuan customer knowledge; membantu dalam memberikan value yang lebih besar kepada pelanggan dan value yang terus menerus kepada stakeholder. Bagi Bharti Airtel Knowledge menjadi sebuah differentiator penting dalam bisnisnya dan pengelolaannya dan untuk menghadapi tantangan globalisasi yang tak terelakkan.

8 komentar:

evi mengatakan...

berarti KM penting banget dong yah diterapin di prusahaan,haahahaha

romasta_hoetajoeloe mengatakan...

Knowledge Management dalam suatu perusahaan merupakan suatu need dong ,,
karena dengan KM sistem dalam perusahaan bisa terarahkan. selain itu perusahaan terssebut bisa tetep retained di tengah persaingan global

sekaarz mengatakan...

hm...wah penting tu KM! tapi am juga penting. makanya gw ambil am... hahaha...

Sisca Pratiwi mengatakan...

Yup! KM sangat penting... Makanya ikut KM.. Hohoho.. Ok2. Nice article. GBU

Anonim mengatakan...

gw baru tahu klo KM itu penting..
jadi minat ambil KM nieh smester ntar..
hehehe..
smangat!!
n visit my blog ye,,

Rizky Purnama Indah mengatakan...

wah..akhirnya dpet jg artikelnya...hehe...

ternyata KM mag efektif ya bwt ningkatin profit perusahaan..palagi perusahaan telekomunikasi...

eh...gw juga dari india lho perusahaannya..

komen ke gw ya...
rizkypi.blogspot.com

MarianaDewi mengatakan...

kyknya judul ptnyaan lu retoris ya,yan? ^^;; emank niy kliatannya KM ptg..klo niat taon dpn gw ambil dah..hehehee

Md Santo mengatakan...

Dalam konteks KM tsb, saya ajak anda (baik secara aktif maupun pasif) untuk ber"social networking" dan berbagi pengetahuan (sharing knowledge) melalui Social Networking Site (SNS) MOBEE KNOWLEDGE COP (COP=Community of Practice) yg heading-nya berbunyi sbb : " Learn how to be in state of LEARNING, GROWTH, and INNOVATION through our Community of Practice (COP) in Knowledge Management (KM)".

Masukan, tanggapan, input, pertanyaan dsb bisa dalam Bahasa Indonesia atau Inggris.

Untuk perkenalan awal dan sekaligus memahami konten & konteks kami secara holistik, mohon anda "copy-paste-click" discussion link :
http://mobeeknowledge.ning.com/forum/topic/show?id=2090583%3ATopic%3A2062 ( judul topik : OUR KNOWLEDGE MAP ) atau lewat beranda depan http://mobeeknowledge.ning.com

Terima kasih

Md Santo